Jumat, 25 Januari 2013

MASAKAN DAERAH SUMATERA SELATAN ( PEMPEK )



PEMPEK

Pempek atau Empek-empek adalah makanan khas Palembang yang terbuat dari ikan dan sagu. Sebenarnya sulit untuk mengatakan bahwa pempek pusatnya adalah Palembang karena hampir di semua daerah di Sumatera Selatan memproduksinya.
Penyajian pempek ditemani oleh saus berwarna hitam kecoklat-coklatan yang disebut cuka atau cuko (bahasa Palembang). Cuko dibuat dari air yang dididihkan, kemudian ditambah gula merah, udang ebi dan cabe rawit tumbuk, bawang putih, dan garam. Bagi masyarakat asli Palembang, cuko dari dulu dibuat pedas untuk menambah nafsu makan. Namun seiring masuknya pendatang dari luar pulau Sumatera maka saat ini banyak ditemukan cuko dengan rasa manis bagi yang tidak menyukai pedas. Cuko dapat melindungi gigi dari karies (kerusakan lapisan email dan dentin). Karena dalam satu liter larutan kuah pempek biasanya terdapat 9-13 ppm fluor. satu pelengkap dalam menyantap makanan berasa khas ini adalah irisan dadu timun segar dan mie kuning.
Jenis pempek yang terkenal adalah "pempek kapal selam", yaitu telur ayam yang dibungkus dengan adonan pempek dan digoreng dalam minyak panas. Ada juga yang lain seperti pempek lenjer, pempek bulat (atau terkenal dengan nama "ada'an"), pempek kulit ikan, pempek pistel (isinya irisan pepaya muda rebus yang sudah dibumbui), pempek telur kecil, dan pempek keriting.
Pempek bisa ditemukan dengan sangat mudah di seantero Kota Palembang. Pempek dijual dimana-mana di Palembang, ada yang menjual di restoran, ada yang dipinggir jalan, dan juga ada yang dipikul. Disemua kantin sekolah/tempat kerja/kampus pasti ada yang menjual pempek. Tahun 1980-an, penjual pempek biasa memikul 1 keranjang pempek penuh sambil berkeliling Kota Palembang jalan kaki menjajakan makanannya.

SEJARAH PEMPEK

Menurut sejarahnya, pempek telah ada di Palembang sejak masuknya perantau Cina ke Palembang, yaitu di sekitar abad ke-16, saat Sultan Mahmud Badaruddin II berkuasa di kesultanan Palembang-Darussalam. Nama empek-empek atau pempek diyakini berasal dari sebutan "apek", yaitu sebutan untuk lelaki tua keturunan Cina sedangkan "koh", yaitu sebutan untuk lelaki muda keturunan Cina.
Berdasarkan cerita rakyat, sekitar tahun 1617 seorang apek berusia 65 tahun yang tinggal di daerah Perakitan (tepian Sungai Musi) merasa prihatin menyaksikan tangkapan ikan yang berlimpah di Sungai Musi yang belum seluruhnya dimanfaatkan dengan baik, hanya sebatas digoreng dan dipindang. Ia kemudian mencoba alternatif pengolahan lain. Ia mencampur daging ikan giling dengan tepung tapioka, sehingga dihasilkan makanan baru. Makanan baru tersebut dijajakan oleh para apek dengan bersepeda keliling kota. Oleh karena penjualnya dipanggil dengan sebutan "pek … apek", maka makanan tersebut akhirnya dikenal sebagai empek-empek atau pempek.[1]
Namun cerita rakyat ini patut ditelaah lebih lanjut karena singkong baru diperkenalkan bangsa Portugis ke Indonesia pada abad 16. Selain itu velocipede (sepeda) baru dikenal di Perancis dan Jerman pada abad 18. Selain itu Sultan Mahmud Badaruddin baru lahir tahun 1767. Juga singkong sebagai bahan baku sagu baru dikenal pada zaman penjajahan Portugis dan baru dibudidayakan secara komersial tahun 1810. Walaupun begitu sangat mungkin pempek merupakan adaptasi dari makanan Cina seperti baso ikan, kekian ataupun ngohyang.
Pada awalnya pempek dibuat dari ikan belida. Namun, dengan semakin langka dan mahalnya harga ikan belida, ikan tersebut diganti dengan ikan gabus yang harganya lebih murah, tetapi dengan rasa yang tetap gurih.
Pada perkembangan selanjutnya, digunakan juga jenis ikan sungai lainnya, misalnya ikan putak, toman, dan bujuk. Dipakai juga jenis ikan laut seperti TenggiriKakap Merah, parang-parang, ekor kuning, dan ikan sebelah. Juga sudah ada yang menggunakan ikan dencis , ikan lele serta ikan tuna putih.

SATU ADONAN ANEKA RUPA

Dari satu adonan pempek, ada banyak makanan yang bisa dihasilkan, bergantung baik pada komposisi maupun proses pengolahan akhir dan pola penyajian. Di antaranya adalah LaksanTekwanModel,dan Celimpungan. Laksan dan celimpungan disajikan dalam kuah yang mengandung santan; sedangkan model dan tekwan disajikan dalam kuah yang mengandung kuping gajah, kepala udang, bengkuang,serta ditaburi irisan daun bawang, seledri, dan bawang goreng dan bumbu lainnya. Varian baru juga sudah mulai dibuat orang, misalnya saja kreasi Pempek keju,pempek baso sapi, pempek sosis serta pempek lenggang keju yang dipanggang di wajan anti lengket, serta sekarang warga Palembang pun membuat pempek dengan bahan dasar terigu dan nasi sebagai pengganti ikan






RESEP PEMPEK KAPAL SELAM



Pempek Kapal Selam termasuk varian pempek yang paling gemari. Dinamakan kapal selam karena bentuknya yang besar memanjang seperti kapal selam. Hampir semua penjaja pempek mempunyai jenis yang ini. Bila ingin mencoba membuatnya sendiri, berikut adalah Resep Pempek Kapal Selam untuk 24 buah.


Bahan Pempek Kapal Selam :
  • Adonan dasar pempek, 1 resep
  • Tepung sagu / tapioka, 100 gram
  • Telur ayam, 6 butir, kocok
  • Air, 2 liter
  • Air hangat, secukupnya
  • Minyak goreng, 1 liter
Bahan Pelengkap :
  • Mie basah, 150 gram, siram air hangat, tiriskan
  • Mentimun, 1 buah, buang bijinya, potong dadu kecil.
  • Kuah cuka atau cuko, 1 resep.
  • Ebi tumbuk halus, 5 sendok teh.
Cara membuat Pempek Kapal Selam :
  1. Rebus air dan 2 sendok makan minyak hingga mendidih.
  2. Lumuri dengan tepung tapioka.
  3. Ambil adonan secukupnya, bulatkan.
  4. Buat lubang di bagian tengah adonan dengan cara menekan adonan dengan jari yang telah dilumuri tepung tapioka.
  5. Besarkan lubang adonan, tuang telur hingga 2/3 tinggi lubang. Tutup rapat adonan ( jangan sampai telurnya keluar ).
  6. Masukkan adonan dalam air mendidih, rebus hingga matang dan mengapung, angkat.
  7. Celup adonan dalam air hangat. Angkat, tiriskan dan biarkan uap panasnya hilang.
  8. Panaskan minyak, goreng adonan hingga matang. Angkat, tiriskan dan potong sesuai selera.
  9. Sajikan dengan pelengkapnya.
...................................................................................................................................

RESEP PEMPEK LENJER



Pempek Lenjer merupakan salah satu varian dari jajanan pempek. Dikatakan lenjer karena bentuknya yang bulat memanjang seperti gelondongan. Seperti apa cara membuatnya, silakan simak resep masakan pempek lenjer untuk 10 buah berikut ini.

Bahan Pempek Lenjer :
  • Adonan dasar pempek, 1 resep
  • Tepung sagu / tapioka, 100 gram
  • Air, 2 liter
  • Air hangat, secukupnya
  • Minyak goreng, 1 liter
Bahan Pelengkap :
  • Mie basah, 150 gram, siram air hangat, tiriskan
  • Mentimun, 1 buah, buang bijinya, potong dadu kecil
  • Kuah cuka / cuko, 1 resep
Cara membuat Pempek Lenjer :
  1. Lumuri tangan dengan tepung tapioka secukupnya.
  2. Ambil adonan dasar secukupnya, bentuk bulat panjang. Lakukan hingga adonan habis.
  3. Rebus air dan 2 sdm minyak hingga mendidih. Masukkan adonan, rebus hingga matang ( mengapung ), angkat.
  4. Celup adonan dalam air hangat. Angkat, tiriskan dan dinginkan.
  5. Panaskan minyak, goreng adonan hingga matang. Angkat, potong-potong pempek. Sajikan.
Tips Pempek Lenjer :
  • Jika ingin hasil yang lebih renyah, potong-potong dahulu pempek lenjer sebelum digoreng.

............................................................................................................................................

RESEP PEMPEK LENGGANG



Bahan :
untuk 6 takir
1/2 resep adonan dasar pempek2 butir telur
daun pisang

Cara membuat pempek lenggang:
1. Bentuk bulat kecil adonan pempek taruh di atas takir daun pisang tuangkan telur kocok.
2. Panggang diatas bara api sampai matang, sajikan dengan cuko.
3. Pempek lenggang juga bisa dibuat dari pempek lenjer yang telah direbus lalu diiris setebal 1 cm lalu dicelupkan dalam kocokan telur dan didadar.
4. Penyajiannya juga bersama cuko.


.....................................................................................................................................................



RESEP PEMPEK KULIT



Bahan - bahan :

300 gr Kulit ikan Tenggiri dan daging merahnya
50 gr Es Batu
1/2 Adonan Dasar
1 sdt garam
1/2 sdt penyedap, bila anda suka
125 gr tepung kanji
Minyak untuk menggoreng



Pelengkap :

1 mentimun , potong potong kecil

Cuko dan bubuk ebi



Cara membuat : 


1. Blender Kulit ikan dan daging merah nya dengan Es Batu, campur dengan adonan dasar, garam dan penyedap, aduk hingga rata.









2. Tambah kan tepung kanji, aduk ringan (jangan diuleni) sampai rata dan adonan bisa dibentuk.









3. Ambil 3 sendok makan adonan, lalu isikan 1 sdm isian. Bulat kan lalu bentuk seperti perkedel.
Lalu gorenglah dengan Minyak panas sampai kecoklatan, lalu angkat dan sisihkan. Sajikan dengan Cuko dan taburan bubuk Ebi.






TIPS..

Pempek Kulit aromanya agak anyir dibanding Pempek lain. Untuk mengurangi rasa anyir, cuci kulit ikan dan daging merah dengan air asam atau cuka sebelum diproses.


,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,



RESEP PEMPEK ADAAN


Pempek Adaan adalah pempek atau empek - empek berbentuk bulat seperti bulatan bakso yang ukuran sedang rasanya ga kalah enak dengan rasa pempek lainnya dan termasuk paling disukai oleh Wong palembang Asli. 

Bahan :

  • 250 gram daging ikan tenggiri bisa ganti ikan lain atau ikan dicampur
  • 150 gram tepung sagu
  • 1 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh gula pasir
  • 1/2 sendok teh penyedap rasa
  • 2 butir bawang merah, dihaluskan
  • 2 batang daun bawang, diiris halus
  • 100 ml santan dari 1/4 butir kelapa

Bahan saus cuka atau kuah cuko :
  • 500 ml air
  • 150 gram gula merah, disisir halus
  • 2 sendok makan asam jawa
  • 1/2 sendok teh garam
Bumbu dihaluskan :
  • 4 buah cabai rawit hijau
  • 5 siung bawang putih
Bahan pelengkap (optional ) :
  • 50 gram ebi kering, disangrai, dihaluskan
  • 1 buah (200 gram) ketimun, dibuang bijinya, dipotong kotak
  • 100 gram mi kuning, direbus matang
Cara mwmbuat pempek adaan enak asli khas Palembang :
  1. Uleni daging tenggiri, garam, gula pasir, penyedap rasa, bawang merah, dan daun bawang.
  2. Tuang santan sedikit-sedikit sambil diuleni sampai lembut. Tambahkan tepung sagu. Aduk rata. Bentuk bola-bola.
  3. Goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan di atas api sedang sampai matang.
  4. Saus Cuka : rebus air, gula merah, asam jawa, garam, dan bumbu halus sampai matang. Saring.
  5. Sajikan bersama saus cuko dan pelengkap.

...............................................................................................................................................

RESEP PEMPEK TAHU


Bahan:
10 buah tahu pong besar, potong 2 lalu keruk bagian tengahnya hingga berbentuk mangkuk
1/2 bagian adonan dasar pempek
saus cuko

Cara membuat pempek tahu:
Isikan adonan pempek ke dalam tahu lalu goreng sampai kering.
Sajikan hangat dengan saus cuko.
untuk 20 buah pempek tahu


..............................................................................................................................................

RESEP PEMPEK KERITING. PEMPEK MIE ATAU PEMPEK KERITING

pempek keriting putu mayang

                  

Bahan adonan:


Cara membuat :

Ambil adonan bulatkan kecil sebesar bola tenis.
Gunakan CETAKAN PUTU MAYANG atau Pirikan (Pirikan kuningan atau batok kelapa yg ada l


cetakan pempek keriting



Tekan adonan dengan pirikan, ambil gumpalan kerupuk dari pirikan dan taruh di tatakkan.
Jika tidak ada pirikan, gunakan mesin pembuat mie kecil, potong secukupnya dan dibulatkan taruh di tatakan.


proses pembuatan pempek keriting


Secara umum, caranya sama dengan membuat kerupuk.


...........................................................................................................................................



RESEP PEMPEK PISTEL

                                   
PEMPEK PISTEL Pempek Pistel


Pempek Pistel ini mempunyai bentuk mirip jajanan pastel. Bahan isi utamanya adalah pepaya muda, yang bisa jadi perpaduan yang pas dengan adonan ikan tengirinya karena mempunyai kandungan gizi yang saling melengkapi. Simak resep Pempek Pistel untuk 40 buah berikut ini.

Bahan Pempek Pistel :
  • Adonan dasar pempek, 1 resep
  • Tepung sagu / tapioka, 100 gram
  • Air, 2 liter
  • Air hangat, secukupnya
  • Minyak goreng, 1 liter
Bahan Isi Pempek Pistel :
  • Pepaya muda, 250 gram, serut kasar
  • Bawang putih, 3 siung
  • Ebi, 1 sendok makan
  • Garam, secukupnya
  • Gula pasir, 1 sendok teh
  • Santan, 100 ml
Bahan Pelengkap :
Cara membuat Pempek Pistel :
  1. Isi : haluskan bawang putih, ebi dan garam. Panaskan 2 sdm minyak, tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan pepaya muda, santan dan gula pasir, masak sambil diaduk hingga pepaya matang dan santan habis. Angkat dan dinginkan.
  2. Rebus air dan 2 sdm minyak hingga mendidih.
  3. Lumuri tangan dengan tepung tapioka. Ambil adonan secukupnya, bentuk bulat.
  4. Buat lubang di bagian tengah adonan dengan cara menekan adonan dengan jari.
  5. Masukkan isi pada lubang yang telah dibuat, tutup rapat adonan dan pilin tepinya menyerupai kue pastel.
  6. Masukkan adonan dalam air mendidih, rebus di atas api kecil hingga matang dan mengapung. Angkat.
  7. Celup adonan dalam air hangat. Angkat, tiriskan dan biarkan uap panasnya hilang.
  8. Panaskan minyak, goreng adonan hingga matang. Angkat, tiriskan dan potong sesuai selera. Sajikan dengan kuah cuka / cuko.

.....................................................................................................................................................


RESEP PEMPEK PANGGANG







Bahan pempek :

  • 500 gram ikan tenggiri giling
  • 275 ml air
  • 3½ sendok teh garam
  • 4 sendok teh gula pasir
  • 1 sendok makan minyak goreng
  • 2 putih telur
  • 225 gram tepung sagu

Bahan isi :
  • 100 gram ebi, disangrai, dihaluskan
  • 100 gram cabai rawit hijau, dihaluskan
  • 100 ml kecap manis
Caea membuat pempek panggang khas Palembang :
  1. Uleni rata ikan tenggiri giling, air, garam, gula pasir, minyak goreng, dan putih telur. Tambahkan tepung sagu. Aduk rata.
  2. Bentuk bulat pipih. Panggang di wajan antilengket sambil dibolak-balik di atas api kecil sampai matang.
  3. Ambil sebuah pempek. Belah tidak putus. Beri isi. Sajikan hangat.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar